Selasa, 13 September 2011

Penemu Lampu Lalu Lintas

penemu lampu lalu lintas

Apa jadinya jika di dunia ini tidak ada lampu lalu lintas tiga warna atau traffic light? Barangkali, risiko kecelakaan di jalan-terutama di persimpangan-akan sangat besar.
Dan kemunculan istilah lampu lali lintas pertama kali benar benar disebabkan oleh sebuah tabrakan mobil dengan kereta kuda

Morgan dengan nama lengkap Garrett Augustus Morgan pria keturunan Afrika Amerika kemudian berpikir bagaimana cara menemukan suatu pengatur lalu lintas yang lebih aman dan efektif. Sebenarnya ketika itu telah ada sistem pengaturan lalu lintas dengan sinyal stop dan go telah ada tahun 1898. Akan tetapi pengunaannya di hentikan karena lampu stop selalu menyala mendadak tanpa ada aba aba, yang menyebabkan pengendara melakukan pengereman mendadak dan menyebabkan tabrakan beruntun.

Didalam penemuannya Morgan menambahkan sebuah lampu indikator lainnya yaitu lampu kuning. Lampu kuning ini memberikan interval waktu yang jelas sesaat dari berjalan (Go) sampai berhenti (stop) dan sebaliknya. Penemuan ini kemudian di patenkan tahun 1923 dan mulai mengantikan lampu "Stop" an "Go".

Perkembangan lampu lalu lintas

* Pada 10 Desember 1868, lampu lalu lintas pertama dipasang di bagian luar Gedung Parlemen di Inggris oleh sarjana lalu lintas, J.P Knight. Lampu ini menyerupai penunjuk waktu (jam) dengan bentuk seperti semapur dan lampu merah dan hijau untuk malam hari. Lampu-lampu tersebut berasal dari tenaga gas.
* Pada 2 Januari 1869, tiba-tiba lampu tersebut meledak dan melukai seorang polisi sehingga harus dioperasi.
* Pada awal 1912 Lampu lalu lintas modern ditemukan di Amerika Serikat. Di Salt Lake City, seorang polisi, Utah, menemukan lampu lintas pertama yang dijalankan dengan tenaga listrik.
* Pada 5 Agustus 1914, American Traffic Signal Company memasang sistem lampu sinyal di dua sudut jalan di Ohio. Lampu sinyal ini terdiri dari dua warna, merah dan hijau, dan sebuah bel listrik. Lampu ini di desain oleh James Hoge. Keberadaan bel di sini untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu. Lampu rancangan Hoge ini dapat dikontrol oleh polisi dan pemadam kebakaran jika ada dalam keadaan darurat.
* Pada awal tahun 1920, lampu lalu lintas dengan tiga warna pertama dibuat oleh seorang petugas polisi, William Potts, di Detroit, Michigan.
* Pada tahun 1923, Garrett Morgan mematenkan alat sinyal lampu lalu lintas.
* Tahun 1917, lampu lalu lintas pertama dijalankan saling berhubungan satu dengan yang lain. Interkoneksi antarlampu ini dijalankan pada enam persimpangan yang dikontrol secara bersamaan dengan tombol manual.
* Lampu lalu lintas pertama yang dioperasikan secara otomatis diperkenalkan pada Maret 1922 di Houston, Texas.
* Di Inggris, lampu lalu litas pertama dioperasikan di Wolverhampton pada tahun 1927.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar